Selasa, 02 November 2010

Mengatasi Virus Shoutcut

Beberapa Waktu lalu, Custamer saya nelpon kalau komputernya lelet alias lambat untuk masuk windows dan proses read data..setelah saya check di partisi (D:) nya banyak bermunculan shoutcut-shoutcut yang mirip data di dalamnya, tentunya shoutcut tersebut tidak dapat di buka. kebetulan anti virus yang di pake adalah kaspersky anti virus 2009. dan saya jelaskan pada dia, kalau komputernya terjangkit virus, nama kerenya virus shoutcut. setelah saya coba proses penyecanan, tiba-tiba system 32 di windowsnya ke dected virus dan bodohya, saya dengan tidak sengaja kepencet "delete". akhirnya komputer tidak dapat masuk windows setelah di resttart. mau tidak mau saya install ulang kembali.

setelah proses install ulang selesai, saya coba scan partisi (D:) nya dengan menggunakan smadav 8.3. dan akhirnya souctcut2 yang tadinya menempel di dingding...eh, di komputer maksudnya, hilang setelah proses karangtina, namun datanya hilang..sebenernya tidak hilang namun ke hidden oleh virus tadi. bagaimana cara membuka hidden tadi?? gampang saja, buka tool-folder option-view-show folder and file (centang), hide extentions for known tipe (hapus centang), hide protected operaning system (recomended) (hapus centang). maka folder - folder yang kehidden tadi kembali dengan utuh.

informasi:
name: shoutcut virus / virus .vbs
cara kerja : menduplicate folde dan menghidden file asli dengan autorun.inf, dekstop.ini, fanny.bmp, thumb.db, serta file shortcut yang berextensi .lnk “

pengaruh: membuat komputer menjadi lambat, dan banyak shoutcut-shoutcut yang tidak dapat di buka

cara mengatasi:

  • dengan anti virus---->>
  1. Scan dengan smadav terbaru, kemudian buka hide folder and filenya


  • tanpa anti virus------->>
  1. Matikan terlebih dahulu System Restore pada semua drive ( My Computer, Properties, System Restore, beri centang pada Turn off System Restore on All Drives
  2. Matikan proses “wscript.exe” (Task manager. services, wscript.exe, klik kanan pada wscript exe, end process/end process tree)
  3. Buka windows explorer, klik menu “Tool” lalu pilih “Folder Option”, selanjutnya pada tab “View” klik “Show hidden files and folders”, hilangkan tanda contreng pada “Hide extensions for known file types”Hide protected operating system files. Klik OK. dan hilangkan juga tanda contreng pada
  4. Klik tombol “Search”, Klik All Files and Folders, Pada bagian All or part of the file name ketik : Autorun.inf, pada bagian Look in klik “My Computer”, lalu beri centang semua pada bagian More Advanced Options lalu hapus semua file yang telah ditemukan.
  5. Setelah Proses pada No. 4 selesai, lakukan proses sama seperti No. 4. Tapi pada kolom All or Part of the file name di isi dengan Dekstop.ini. Hapus juga file ini.
  6. Setelah Proses pada No. 5 selesai, lakukan proses sama seperti No. 4. Tapi pada kolom All or Part of the file name di isi dengan *.lnk >>>( LNK bukan ink ). Hapus juga file ini. tapi kamu harus hati-hati jangan sampai salah menghapus, Ciri dari shortcut folder yang dibuat oleh virus yaitu ketika kita menunjuk folder tersebut maka akan muncul link dari shortcut tersebut yaitu ke arah windows/system32, itu adalah shortcut yang harus kita hapus.

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG & PENGALAMAN SAYA, SEMOGA BERMANFAAT

6 komentar:

Agus Cunil mengatakan...

JUDULE SALAH NULIS MASSSSSS>>>>>>>

Ronrondotcom mengatakan...

udah tuh?? hehehe thank ya. . .

Ronrondotcom mengatakan...

haha kok bisa sehhh emmmmmmmmmm tapi berguna juga
thanks yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

fatchur mengatakan...

kalau yang kena semua komputer dalam LAN gimana?
soalnya di tempat kerjaku sering kena kaya gituan....

Ronrondotcom mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ronrondotcom mengatakan...

cara yang di lakukan sama. . bedanya pada tahap scannya .. pastikan partisi D dan C (yang mau di scan) di sharing terlebih dahulu. .
cara scannya masuk ke network place pilih computer mana yang mau di scan . .tinggal klik kanan scan with smadav.

Posting Komentar

Thank For Your Comment

Next previous home

Lihat Informasi Lainnya...

: